Minggu, 17 Juli 2016

Secuil Kisah Perjuangan Menggapai Bangku Kuliah

Diposting oleh Unknown di 14.00
Hello readers, lama tidak bersua hehe
Kalau diinget - inget, terakhir kali gua ngeblog kalau gak salah waktu itu lagi terombang – ambing menanti pengumuman SNMPTN deh, tapi sekarang gua udah bisa bahagia, soalnya udah keterima di jurusan yang gua pengen~

Eits, tapi pasti ada perjuangnya dong buat dapetin si jurusan pujaan hati walau pun pujaan hati kedua .
Dan inilah secuil kisah perjuangan gua…

Dimulai dari kelas 11 semester 2, gua sama temen – temen udah mulai menggalau ria tentang  dunia perkuliahan, mikirin ke mana harus melangkah selanjutnya setelah lulus SMA. SNMPTN yang datengnya cuma sekali seumur hidup dan SBMPTN yang soalnya bikin puyeng udah mulai membuat gua gak nyenyak tidur. Of course, itu semua karena gua gak mau salah pilih dan gak mau salah langkah. Terlebih, sebisa mungkin tahun ini gua harus udah kuliah karena bapak gua udah mau pensiun. Jadi gua harus pikirin mateng – mateng.

Berhubung dari lahir udah diarahin Tuhan ke dunia sains dan semenjak SMP udah jatuh hati sama astronomi maka gua dengan yakin pilih Astronomi – ITB di SNMPTN. Astronomi itu udah jadi cinta pertama gua. Semua hal tentang astronomi selalu buat gua kagum dan pengen tau lebih jauh, tapi udah jadi rahasia umum kan kalau gak ada jaminan pasti bakal keterima di SNMPTN, jadi gua mulai persiapan buat SBMPTN.

Gua pikir kalau gua ikut bimbel, gua bisa lebih siap ngerjain soal SBMPTN.  Tapi di sinilah masalah bermula. Bapak gua gak punya cukup uang untuk biayain bimbel. Selain itu, gua gak punya alat transportasi untuk ke tempat bimbel dan ngenesnya lagi, gua adalah anak kos yang jauh dari ortu, jadi bapak gua gak bisa anter - jemput ke tempat bimbel. Selama SMA , gua sering jalan kaki , kadang minjem sepeda temen  atau gak nebeng temen  kalau mau pergi ke mana – mana. Masalah lainnya yang bikin makin ribet adalah waktu bimbel yang sampe malem bikin gua gak bisa naik kendaraan umum karena angkot di kota tempat gua sekolah cuma beroperasi sampe sore. Lengkap! Bener – bener paket lengkap, semuanya gak mendukung untuk bimbel.

Tibalah saat gua naik ke kelas 12 semester 1. Di saat temen – temen gua pulang sekolah langsung berangkat bimbel, gua pulang sekolah malah langsung tidur siang supaya malemnya kuat begadang buat belajar SBMPTN. Gua ngerasa malem tuh suasana yang cocok buat kencan sama buku – buku dan bikin gua lebih gampang cerna materi. Selama itu gua belajar sendiri, sampai  suatu malem pas lagi ngerjain soal matematika,  gua bener – bener dibikin kesel sama soal trigonometri, gua  cari – cari jawabanya pake segala cara tapi tetep gak ada titik terang dan akhirnya gua nangis. Sumpah ini malu - maluin banget haha. Lalu tiba – tiba  gua mikir “coba kalo gua bimbel, gua bisa tanya sama guru bimbelnya”.

Memang sih kalo kesusahan ngerjain soal gua bisa aja tanya ke temen gua atau guru gua, tapi menurut gua itu gak efektif. Temen gua gak sesabar para guru yang kalau muridnya gak ngerti – ngerti masih mau ngajarin sampai muridnya bisa. Dan guru gua juga gak selalu ada kalau gua mau tanya. Jujur gua iri sama temen gua yang bisa bimbel di tempat yang bagus, karena  menurut gua mayoritas anak di kelas gua yang ikut bimbel jadi lebih siap waktu pelajaran di kelas. Apalagi dari hasil beberapa try out yang pernah gua ikutin, posisi gua selalu ada di bawah mereka. Itulah yang bikin gua ngerasa gua ketinggalan jauh sama mereka yang ikut bimbel. Gua takut kalau gua belum sesiap mereka. Gua gak pede. Bayang – bayang soal SBMPTN yang susah udah jadi tekanan tersendiri buat gua. Gua akui, gua gak keren banget waktu itu. Mental gua cemen.

Sejak kejadian itu gua mulai survei segala macem tempat bimbel yang memungkinkan. Gua cari info lewat temen – temen gua. Selain itu gua juga langsung dateng ke tempat bimbelnya buat tanya - tanya. Hasilnya, ada yang cukup murah tapi jauh, ada  yang deket tapi mahal. Gak ada yang pas. Sampe akhirnya, gua mau jual HP buat biaya bimbel. HP itu baru aja gua dapet sebagai hadiah dari suatu event yang gua ikutin, tapi bapak gak setuju. Bapak bilang “Jangan dijual HP-nya buat kenang – kenangan kamu aja”. Syukur Alhamdulillah, setelah itu akhirnya ada temen gua namanya Rizqy ngenalin gua ke Zenius. Waktu itu belum kebayang sih Zenius itu bimbel yang model gimana. Lalu Rizqy jelasin sedikit tentang si Zen dan dia ngasih testimoni yang bikin gua mikir “wah, harus nyoba nih”.

Kelas 12 semester  2, tepatnya bulan Januari. Gua minta izin bapak buat belajar bareng Zenius dan bapak ngebolehin karena biayanya yang jauh jauh jauh lebih bersahabat. Horeee! Mulailah gua pesen voucher Zenius, tapi sialnya gua selalu telat bayar karena gak sempet ke Indomart atau ke atm (sok sibuk banget gua haha). Setelah tiga kali pesen dan selalu telat bayar, akhirnya dengan semangat membara gua pesen lagi voucher zenius dan kali ini gua langsung bayar via atm. Voila! resmilah gua jadi member premium Zenius. Hahaha

Mulailah gua belajar bareng Zenius, dan gua ngerasa cocok banget sama Zenius. Gua gak perlu ngebingungin masalah biaya dan transportasi lagi buat bimbel.  Gua tinggal nongkrong aja di depan laptop. Asiknya lagi, di kosan gua baru aja dipasang wifi jadi makin bebas mau akses Zenius kapan pun.  Mau sampe pagi ketemu pagi juga gak masalah. Hehe.  Jadi inilah ternyata solusi yang gua butuhin selama ini, duduk di depan laptop mantengin Zenius. Pernah gua mantengin sampe jam 3 pagi dan itu gak kerasa. Gokil. Gua bikin jadwal sendiri buat belajar sama Zenius. Ada jadwal buat belajar  US dan UN,  ada jadwal belajar buat SBMPTN. 

Emang bener ya guys quote ini


Zenius bener – bener mengubah tatanan pemikiran gua. Zenius ngajarin gua gimana buat mikir yang keren dan ngerjain soal dengan cara yang bener yaitu pake konsep. Gua yang tadinya benci setengah mati sama yang namanya kimia, sekarang jadi berdamai sama doi. Ini nih yang paling kerasa di gua. Thanks a lot to Kak Yoki. Gua yang sebelumnya nangis karena soal trigonometri, sekarang trigonometri yang nangis karena gua. Gak gini juga sih haha. Yang jelas, Zenius berhasil membuat gua lebih pede. Zenius udah membuat gua gak ngerasa kalah jauh lagi sama temen – temen sekelas gua.

Tapi masalah baru pun dateng. Waktu deket – deket pendaftaran SNMPTN, gua baru bilang ke bapak kalau mau daftar astronomi ITB. Gua kira bapak bakal setuju karena selama ini bapak percaya sama pilihan gua asal harus tanggung jawab, tapi ternyata bapak gak merestui karena tempatnya di Bandung. Alasanya karena di Bandung gak ada siapa – siapa yang bisa dituju dan gua tau bapak gak tega melepas anak gadisnya sendirian. Gua coba untuk menerima. Namun sayang beribu sayang, jurusan astronomi  cuma ada di ITB. Se-asia tenggara yang luas ini , jurusan astronomi cuma ada di ITB,guys. Asli gua ngerasa patah hati waktu itu. Seandainya ada astronomi selain di ITB atau seandainya ITB gak di Bandung.

DENGAN BERAT HATI GUA NGELEPAS ASTRONOMI ITB.

Pendaftaran SNMPTN semakin deket dan gua masih galau mau ke mana. Gua bener – bener gak tau apa lagi yang gua minati selain astronomi. Gua coba cari lagi ke mana minat gua yang lain, cari dan cari lagi. Gua konsultasi sama wali kelas gua, gua juga browsing di internet cari tips - tips gimana caranya tau minat kita dan artikel dari Zen ini jadi salah satu yang gua baca. Berdasarkan petunjuk dari  artikel – artikel yang gua baca dan setelah minta ridho dari bapak dan Tuhan pastinya, akhirnya gua memutuskan, pilihan gua jatuh ke meteorologi terapan IPB. Gua coba untuk cinta sama meteorologi. Gak masalah buat gua dari luar angkasa turun ke atmosfer bumi.

Meteorologi jadi pilihan pertama dan satu – satunya di SNMPTN. Cukup nekat memang, cuma pilih satu jurusan, tapi dari pada gua keterima terus gak gua ambil karena gua gak suka jurusannya kan mending pilih satu aja yang paling disuka hehe. Asli, gua pede abis waktu itu. Setelah berbulan – bulan nunggu pengumuman SNMPTN, Lalu tibalah saat penentuan buat berhenti cemas atau malah harus lebih berusaha lebih keras lagi
Dan ternyata jeng jeng …

ALHAMDULILLAH WARNA BIRU, YANG BERARTI GUA LOLOS. 
METEOROLOGI TERAPAN IPB DI TANGAN GUA.

Oh iya btw, nilai US dan UN gua juga Alhamdulillah memuaskan.  Semua karena doa dan belajar dibantuin sama Zenius hehe agak nyesel sih, kenapa kenal Zenius pas udah kelas 12, kenapa gak dari dulu aja kenalnya. Walau sekarang gua udah keterima SNMPTN tapi perjuangan belumlah selesai. Gua masih harus terus melanjutkan perjuangan ke tingkat yang lebih tinggi dengan tantangan yang lebih besar di bangku kuliah nanti. Siap – siap merantau lagi demi pendidikan.

Oke, sekian cerita dari gua. Walaupun gak bisa gapai astronomi ITB tapi gua dikenalin Tuhan ke meteorologi IPB  dan gua bersyukur akan hal itu. Gua juga bersyukur banget udah dikenalin ke orang – orang keren lewat Zenius, macam Bang Sabda itu lah haha.

Akhir  kata  “Astronomy is my first love but Meteorology is my destiny“.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Ria Riri Yaya Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review